1/17/2012

Wanita Adalah Kehormatan

    Wanita adalah kunci kebaikan umat . Ia adalah pembangun generasi . Jika kaum wanita baik maka baiklah suatu generasi . Sehingga wajar bila dikatakan wanita adalah TIANG NEGARA .
    Meski wanita lekat dengan keindahan, tidaklah Islam membolehkan wanita untuk menonjol-nonjolkan keindahannya, apalagi mengeksploitasinya . Islam menempatkan wanita sebagai kehormatan yang tak hanya harus dijaga tapi juga wajib dibela .
    Hal ini nampak pada peristiwa di zaman Rasulullah . Seorang muslimah berbelanja ke pasar Bani Qainuqa. Dipasar itu, wanita tersebut datang ke penjual emas . Diam-diam penjual emas mengikatkan ujung kain yang dikenakan wanita itu . Ketika wanita itu berdiri, auratnya tersingkap dan diiringi derai tawa orang-orang Yahudi disekitarnya . Ia kemudian menjerit-jerit menahan malu . Kemudian seorang laki-laki lewat ditempat itu . Melihat kejadian itu ia segera menolong dan membunuh pelakunya . Namun kemudian orang-orang Yahudi Bani Qainuqa yang melihat kejadian itu langsung mengeroyok dan membunuh lelaki itu .
    Berita itupun menyebar diseantero Madinah . Kaum muslimin pun marah besar hingga Rasulullah SAW kemudian memerintahkan kaum muslimin dibawah komando Hamzah bin Abdul Muthalib untuk mengepung perkampungan Bani Qainuqa . Perang pun meletus pada pertengahan Syawwal 2H . Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya Bani Qainuqa menyerah kalah . Peristiwa tersebut berakhir dengan pengusiran Yahudi Bani Qainuqa dari Madinah . Subhanallah ini semua demi membela kehormatan seorang wanita !
    Islam menjamin keamanan, kehormatan dan kemuliaan wanita . Karenanya Islam memberikan seperangkat aturan yang tak hanya melindungi wanita dari pelecehan . Namun juga akan menjaga kehormatannya, diantaranya adalah :
1.    Islam telah memerintahkan setiap muslim untuk bertakwa (QS.AL Ahzab:70) . Bila sudah kemudian ketaatan pada perintah Allah tak lagi memberatkan .
2.    Islam menyuruh laki-laki dan wanita agar menundukkan pandangan serta menjaga kemaluan (QS.An Nur:30-31)
3.    Islam memerintahkan agar wanita memiliki sifat malu dan mengenakan pakaian sempurna dengan menutup aurat dihadapan bukan mahram  .
4.    Islam melarang wanita bertabarruj (berhias mencolok), seperti yang termaktub dalam QS.An Nur:60 . Sungguh tidak pantas bagi seorang muslimah untuk menonjolkan kecantikannya . Bukanlah yang penting disisi Allah adalah Ketakwaan . Apalagi Rasulullah pernah bersabda bahwa : “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku liat : suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak lenggok . Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan .
5.    Islam melarang khalawat dan melarang melakukan segala perbuatan yang bisa merusak akhlak .
      Penjagaan kehormatan wanita tak hanya tanggung jawab kaum wanita, namun juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat .
      Ketundukan dan ketaatan pada hukum Allah pasti akan mendatangkan kemaslahatan dalam kehidupan, demikian pula sebaliknya . Ketertundukan Wanita terhadap “otoritenisme busana modern” ternyata membawa ketidaktenangan dalam kehidupan . Dan justru ketika wanita mengenakan busana Muslimah, mereka mendapatkan ketenangan, kenyamanan dan kehormatan diri sebagai aeorang wanita pun terjaga .

Wallahu A’lam .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar